YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Saturday, May 25, 2013

Perjalanan Hijauku Bersama Green Mommy Network


Kursus pengantar nutrisi dan permakultur yang diadakan oleh Green Mommy Network  mengantarkan saya untuk lebih giat lagi “Grow your own food!Grow your own food adalah menanam sendiri makanan yang kamu makan untuk hidup lebih hijau dan berkelanjutan. Saya memulai dengan menanam makan favorit saya yaitu buah beet, kemangi dan alpukat. Stay tune with me to grow your own food (~_~)


Buah beet

tanaman buah beet

Buah beet yang mempunyai segudang manfaat, diantaranya penambah energi, kaya asam folat untuk meningkatkan produksi sel-sel baru dan dapat mengurangi hipertensi.  Hobi saya minum jus buah beet ini cukup menguras kantong karena sekilo harganya berkisa Rp.70.000,-. Ternyata, menanam sendiri buah beet ini sendiri bisa loh! Saya berinisiatif buah beet yang sudah saya beli, ujungnya yang bertunas saya potong. Alhamdulillah, mulai tumbuh! Bisa dilihat di gambar diatas, buah beet yang saya tanam. Buah beet yang biasanya tumbuh di daerah dingin ternyata bisa tumbuh juga di daerah panas seperti kalimantan. Ya tips menanam buah beet ini jangan dikenakan paparan sinar matahari langsung, taruh di tempat yang teduh. Semoga saja buah beetnya, bisa tumbuh besar dan berbuah. Saya bisa puas deh minum jus buah beet dari kebun sindiri. :)

jus buah beet


    Kemangi
Kemangi
   Hobi makan lalapan, pasti kenal dong dengan tanaman yang satu ini. Basil atau orang Indonesia menyebutnya kemangi. Daun kemangi yang biasanya paling enak dicocol dengan sambal. Saya punya kreasi tersendiri yaitu dicampur dengan salad ala Indonesia alias karedok atau pecel. Mmm, maknyus deh rasanya! Gak hanya daun nya, biji kemangi yang kita kenal sebagai selasih ini juga dimanfaatkan buat campuran minuman es campur karena rasanya yang segar dan menyejukkan. Manfaat kemangi yang berlimpah dan tidak sekedar wangi bisa memperlancar ASI, mencegah kemandulan, menurunkan panas serta mengatasi bau mulut dan badan. Kemangi ini merupakan tanaman rumahan dan gak repot untuk menanamnya. Cara menanam kemangi ini sangat mudah! Bisa dengan biji dan stek batang. Taburkan biji selasih/kemangi ke tray/pot yang berisi tanah subur. Kalau mau lebih cepat bertunas biji kemangi bisa direndam terlebih dahulu selama 2 jam di dalam air, kemudian baru ditaburkan ke tanah. Bisa dilihat gambar diatas kemangi yang saya tanam dari biji. Setelah tanaman mulai besar dan rimbun, sudah bisa memanennya sekaligus melakukan pemangkasan/pruning, dan ini nih bagian asyiknya bagian batang yang telah anda potong dan anda petiki daun-daunnya bisa anda tanam lagi dengan cara langsung ditancapkan ditanah yang lembab dan ditaruh ditempat teduh sampai muncul tunas-tunas yang baru. Atau bisa juga dengan merendam batang kemangi di dalam air sampai tumbuh akar. Daripadi membeli kenapa enggak grow your own food! 

kemangi salad ala indonesia


Alpukat






Menanam Alpukat
 
Guacamole
 Siapa yang gak doyan dengan buah alpukat, buah yang creamy berwarna hijau ini menggoda setiap lidah.  Selain dibuat jus, kamu bisa kreasikan juga buah alpukat ini menjadi makanan vegan ala mexico yaitu guacamole. Guacamole campuran alpukat, tomat, bawang dan jeruk ini memberikan rasa yang khas dan unik di lidah serta paling enak apabila ditemani dengan kentang goreng/panggang. Setelah mengupas buah alpukat, daging alpukat yang masih tersisa di kulit dalam jangan kamu buang, gosok-gosokan ketangan terlebih dahulu, agar kulit tangan mu menjadi lembab dan mulus. Apalagi bijinya jangan sampai kamu buang begitu saja ke tempat sampah, lebih baik grow your own avocado! Saya sudah melakukan beberapa kali percobaan menanam buah alpukat ini. Hasilnya bisa lihat di gambar diatas. Tumbuh subur bukan?


Step by step menanam Alpukat: 
  1.  Belah dua buah alpukat, ambil biji nya.Cuci bersih biji Alpukat
  2. Kemudian sediakan empat tusuk gigi. Lalu tusuk biji alpukat dengan tusuk gigi di keempat sisi seperti gambar nomor 3.
  3. Siapkan wadah gelas atau mangkok yang sudah tidak terpakai lagi.  Isi wadah gelas dengan air bersih.
  4. Taruh biji tersebut didalam gelas. Simpan ditempat yang bercahaya
  5. Ganti air secara berkala ketika sudah keruh.
  6. Diamkan selama beberapa hari dan minggu
  7. Setelah beberapa minggu  akan muncul tunas dan siap dipindahkan ke pot
  8. Cabut tusuk gigi yang menancap di biji  
  9. Siapkan pot yang berisi pupuk dan tanah
  10. Siram secara berkala pagi dan sore 
  11.  Apabila alpukat sudah tumbuh daun dengan rimbun bisa dipindahkan ke kebun atau halaman rumah.

Grow your own food patut kamu coba, mulai dari makanan favoritmu. Cari benih dan bibit sulit? Atau mahal? Membuat kamu mengurungkan niat untuk menanamnya. Jangan menyerah dulu, beli buah favorit mu, buahnya kamu makan dan bijinya tinggal ditanam deh, mudah bukan?










No comments:

Post a Comment